3 Cara Membuat Magnet Termudah dan Cepat

Ketika anda dulu pernah duduk di bangku sekolah dasar pasti sudah mendapat pelajaran ini, nah bagi kalian yang tidak pernah mengenyam pendidikan sekolah, atau jika kalian sudah melupakkannya akan kami bantu anda untuk mengingatkannya.
Magnet atau magnit adalah suatu benda yang mempunyai suatu medan magnet atau gaya tarik menarik. magnet berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu Magnesian. Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki), di tempat inilah (magnesia) pertama kali ditemukan batu magnet.

Berikut ini adalah 3 cara membuat magnet beserta gambarnya

Cara Membuat Magnet Dengan Arus Listrik

Cara ini disebut juga dengan cara membuat magnet elektromagnetik, berikut ini adalah membuat magnet beserta gambarnya
Alat-alat yang dibutuhkan
- Sebuah paku besi yang besar
- Kawat tembaga, kira-kira berukuran 0,9 m
- Sebuah baterai
- Objek magnet kecil, seperti penjepit kertas/klip atau jarum
- Pengupas kawat
- Selotip
gambar cara membuat magnit dengan listrik
Cara Membuat:
  1. Kupaslah kawat tembaga di kedua bagian ujungnya yang nantinya ini akan kita tempelkan ke positip negatif baterai (lihat gambar diatas nomor1)
  2. Lilitkan kawat tersebut ke paku dengan rapat dan saling menyentuh, namun tidak tumpang tindih, lilitkanlah hingga seluruh paku tertutupi. (lihat gambar diatas nomor2)
  3. Tempelkan dan selotip masing-masing ujung kawat ke baterai, boleh dibolak-balik, karena hanya akan mempengaruhi kutub utara dan selatannya saja (lihat gambar diatas nomor3)
  4. Selesai, sekarang cobalah untuk mendekatkan ujung paku yang telah di liliti kawat ke jarum atau clip kertas (lihat gambar diatas nomor4)
Tips : untuk meningkatkan kekuatan daya magnetnya, kalian dapat mengganti baterai dengan aki 12volt atau bisa juga dengan memperbanyak jumlah lilitannya

Cara Membuat Magnet Dengan Cara Menggosok

Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sederhana dalam membuat magnet, anda cukup menggosokkan magnet ke benda yang akan dijadikan magnet, misal paku, anda dapat membuat paku menjadi sebuah benda magnit dengan cara menggosok paku tersebut dengan magnit.
gambar cara membuat magnet dengan menggosok
Namun yang harus anda perhatikan dalam langkah ini adalah, menggosokan harus searah, tidak boleh di bolak balik (menggosok ke kiri dan kanan secara bolak balik atau bergantian)
Gosoklah benda yang bukan magnet tersebut secara terus menerus dan searah hingga berhasil menjadi sebuah magnet permanen

Cara Membuat Magnit Dengan Cara Induksi

Membuat Magnit Dengan Cara Induksi yaitu memberikan sifat magnet kepada besi atau baja tanpa disentuhkan kepadanya. Caranya adalah dengan mendekatkan sebatang besi atau baja ke magnet batang yang kuat.
gambar cara membuat magnet dengan induksi

Contoh : Ujung besi yang dekat ke salah satu kutub magnet memperoleh kutub yang berlawanan dengan kutub magnet itu. Misalnya, kutub selatan magnet batang didekatkan pada ujung A batang besi (misalnya paku), maka ujung A menjadi kutub utara, sedangkan ujung B menjadi kutub selatan.

Jika ujung B dicelupkan ke dalam serbuk besi, maka ada serbuk besi yang melekat pada paku.
Yang perlu diketahui adalah bahwa Kekuatan magnet hasil induksi sangat lemah, sehingga apabila magnet batang dijauhkan dari paku, maka serbuk besi akan jatuh kembali.

Cara menghilangkan sifat kemagnetan :

Setelah kita mengetahi bagaimana cara membuat magnet, nah sekarang giliran bagaimana cara menghilangkan sifat magnet, beginilah caranya
- Dibakar.
- Dipukul-pukul atau Dibanting-banting
- Magnet diletakkan pada solenoida (kumparan kawat berbentuk tabung panjang dengan lilitan yang sangat rapat) dan dialiri arus listrik bolak-balik (AC).

Itulah 3 cara membuat magnet sendiri secara sederhana dan mudah, dengan cara-cara diatas anda dapat membuat membuat besi jadi magnet, silet jadi magnet, obeng jadi magnet, jarum atau apapun yang berbahan dasar logam dapat dibuat jadi magnet
3 Cara Membuat Magnet Termudah dan Cepat 3 Cara Membuat Magnet Termudah dan Cepat Reviewed by John Michael on 3:12 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.